2 Orang Yang Shalatnya Tidak Akan Diterima

Ada dua orang kelak yang tidak akan diterima shalatnya oleh Allah Swt
Materi Dakwah Pilihan | Setiap kali kita akan mendirikan atau melaksanakan shalat, tentunya kita ingin agar ibadah atau shalat kita itu diterima oleh Allah SWT, namun ada orang yang tidak diterima shalatnya. Di dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

"Dua orang yang shalat mereka tidak
melampaui kepala mereka (tidak sampai kepada Allah), yaitu: budak yang minggat dari tuannya sampai dia kembali dan wanita yang durhaka kepada suaminya sampai dia kembali baik" (HR. Hakim)

Dengan melihat hadits diatas, ada dua orang yang tidak akan diterima shalatnya oleh Allah Swt, adalah sebagai berikut:

1. BUDAK YANG LARI DARI TUANNYA

Apabila seorang budak atau pembantu rumah tangga di zaman sekarang ini sudah diperlakukan dengan baik dan dipenuhi segala hak-haknya oleh majikannya, maka tidak ada alasan untuknya lari dari majikannya. Manakala ini dilakukan, maka shalatnya tidak akan diterima oleh Allah SWT. 

Oleh karena itu, seorang majikan harus berlaku baik kepada budak atau pembantunya yaitu memenuhi segala hak-haknya. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda:

"Bagi seorang budak jaminan pangan dan sandangnya. Dia tidak boleh dipaksa melakukan pekerjaannya yang tidak mampu dilakukannya."(HR. Muslim)

2. ISTRI YANG DURHAKA KEPADA SUAMI

Dalam hal ini posisi seorang suami bagi istrinya, boleh dibilang sebagai pengganti dari orang tuanya yang berkewajiban untuk menafkahi, melindungi, serta mendidiknya. Apabila seorang suami telah melakukannya dan berperan dengan baik, maka seorang istri harus mentaatinya.

Seandainya manusia boleh bersujud kepada manusia, maka seorang istrilah yang seharusnya bersujud kepada suaminya. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda:

"Seandainya aku boleh menyuruh sujud kepada seseorang, tentu aku akan menyuruh wanita untuk sujud kepada suaminya, karena hak yang telah dijadikan Allah untuk mereka atas istri-istri mereka."(HR. Abu Dawud dan Hakim)

Artikel Terkait:

PS: Jika Antum suka atau merasa bahwa artikel ini bermanfaat, tolong di SHARE melalui tombol Social Media (Faacebook, Twitter, Google+, dan Pinterest) yang telah kami sediakan.
Tidak lupa!, Antum juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan seputar Materi Dakwah Pilihan dibagian komentar berikut ini. Ana selalu menyempatkan untuk membaca setiap komentar dan menjawab pertanyaan yang masuk. 
Kedua hal tersebut, akan membantu Ana, agar megetahui topik apa yang bermanfaat dan berguna bagi Antum, sehingga Ana bisa menggali lagi artikel yang berguna  lebih banyak lagi. Terima kasih :) 

0 komentar:

About | Contact | Disclaimer | Privacy Policy
Copyright © 2016 Materi Dakwah Pilihan