3 Orang Yang Tidak Diperhatikan Oleh Allah

"Tiga golongan, Allah tidak berkata kepada mereka di hari Kiamat dan tiada membersihkan mereka;  yaitu orang tua yang berzina, raja yang bohong dan orang miskin yang sombong."(HR. Muslim)
Materi Dakwah Pilihan | Pada dasarnya, Allah SWT itu cinta kepada manusia. Namun apabila manusia itu memiliki sifat dan perbuatan yang tidak benar, maka Allah SWT akan membencinya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW beliau bersabda:

"Tiga golongan, Allah tidak berkata kepada mereka di hari Kiamat dan tiada membersihkan mereka;  yaitu orang tua yang berzina, raja yang sombong dan orang miskin yang sombong."(HR. Muslim)

Maka berdsarkan hadits diatas, ada tiga kelompok atau tiga golongan manusia yang di benci Allah sehingga Allah tidak berkata kepada mereka dan tidak mau membersihkan dosanya. Adapun tiga kelompok manusia tersebut adalah sebagai berikut:

1. Orang Tua Yang Berzina


Zina merupakan perbuatan yang sangat tercela sehingga hukumannya pun sangat berat yang membuatnya harus dijauhi oleh siapapun. Orang muda saja dilarang mendekati zina apalagi orang tua. Allah SWT berfirman:

"Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." ( Qs. Al Israa': 32)

2. Raja Yang Sombong

Kesombongan adalah sesuatu yang sangat dibenci oleh Allah SWT, apalagi bila yang sombong itu penguasa atau raja. Karena pemimpin seharusnya rendah hati agar dia bisa melayani orang yang dipimpinnya. Dalam hal ini Rasulullah SAW besabda,

"Pemimpin kaum adalah pengabdi (pelayan) bagi mereka." (HR. Abu Na'ím)

3. Orang Miskin Yang Sombong

Kekayaan adalah sesuatu yang harus disyukuri. Oleh karena itu, jangan sampai orang kaya menjadi sombong dengan sebab kekayaannya itu. Baca juga: 3 Orang Pertama Yang Masuk Neraka

Bila orang kaya saja sudah tidak pantas dan tidak boleh sombong, apalagi orang miskin, maka dia tetap berpenampilan atau bergaya hidup sebagaimanan layaknya orang kaya. Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa yang membanggakan dirinya sendiri dan berjalan dengan angkuh, maka dia akan menghadap Allah dan Allah murka kepadanya." (HR. Ahmad)

***
PS: Jika Antum suka atau merasa bahwa artikel ini bermanfaat, tolong di SHARE melalui tombol Social Media (Faacebook, Twitter, Google+, dan Pinterest) yang telah kami sediakan. 
Tidak lupa!, Antum juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan seputar Materi Dakwah Pilihan dibagian komentar berikut ini. Ana selalu menyempatkan untuk membaca setiap komentar dan menjawab pertanyaan yang masuk.  
Kedua hal tersebut, akan membantu Ana, agar megetahui topik apa yang bermanfaat dan berguna bagi antum, sehingga Ana bisa mencari lagi artikel yang berguna  lebih banyak lagi. Terima kasih :) 

0 komentar:

About | Contact | Disclaimer | Privacy Policy
Copyright © 2017 Materi Dakwah Pilihan