Seperti Apa, Sosok Khatib Yang Ideal Itu?

Materi Dakwah Pilihan | Ada kecenderungan dari sebagian atau sementara orang yang dengan sengaja selalu berpindah-pindah lokasi masjid ketika akan melaksanakan sholat Jum’at. Alasan mereka, adalah agar supaya dapat memilih khatib yang dianggapnya mampu memberikan nuansa baru dalam khutbahnya.

Mereka lebih senang apabila mendengarkan khutbah
Jumat yang dibawakan oleh khatib yang kreatip dan simpatik meskipun harus mendatangi masjid yang jaraknya relative cukup jauh.

Dan alasan mereka, lebih karena ia tidak ingin langkahnya datang untuk mendengarkan dan duduk di masjid itu hanya untuk mengantuk, gara-gara khatibnya membosankan tatkala memberi ceramahnya dan sama sekali tidak menggairahkan.

Dengan adanya tantangan semacam itu, maka semakin menyadarkan kepada kita, bahwa peranan khatib itu sangatlah vital dan menentukan.   


Suatu khutbah bisa diharapkan punya daya tarik yang tinggi, apabila disampaikan oleh khatib dengan penuh perasaan dan adanya keterlibatan hati sang khatib terhadap persoalan yang disampaikan kepada jamaah. 

Apabila perasaan yang halus dan pemikiran yang bijak sudah bisa mendasari jiwa khatib dalam menyampaikan khutbah jumatnya, sehingga membawa pengaruh kejiwaan yang besar bagi para jamaah, maka khutbah tersebut akan mudah mendatangkan rasa simpati dan daya pesona kepada jamaah.

Dan tentu saja, untuk mencapai kualitas khutbah yang setinggi itu, seorang khatib harus melalui perjalanan proses yang cukup panjang. Ia harus terus rajin meningkatkan pengetahuannya, dan mengembangkan kemampuan profesinya, serta memperluas wawasan keagamaannya . Selain itu, sifat kreatifitas khatib dan gaya penampilanya yang rapi, juga akan ikut menentukan qualitas khatib.


Berita terkait : Khutbah, Ada Seninya



PS: Jika antum suka atau merasa bahwa artikel ini bermanfaat, tolong di SHARE melalui tombol Social Media (Faacebook, Twitter, Google+, dan Pinterest) yang telah kami sediakan.
Tidak lupa, Antum juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan seputar Materi Dakwah dibagian komentar berikut ini. Ana selalu menyempatkan untuk membaca setiap komentar dan menjawab pertanyaan yang masuk. 
Kedua hal tersebut, akan membantu ana, agar megetahui topik apa yang bermanfaat dan berguna bagi antum, sehingga ana bisa mencari lagi artikel yang berguna  lebih banyak lagi. Terima kasih :) 



0 komentar:

About | Contact | Disclaimer | Privacy Policy
Copyright © 2017 Materi Dakwah Pilihan