Empat Syarat Masuk Surga


Orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya (Qs. Al Baqarah : 82)
Materi Dakwah Pilihan | Kita meyakini adanya kehidupan akhirat. Tentunya kita pasti menginginkan untuk memperoleh kehidupan yang bahagia dengan masuk kedalam surga. Bila surga diibaratkan sebuah Negara yang akan kita kunjungi --- maka untuk bisa masuk ke sebuah Negara itu tentu saja ada persyaratan yang harus kita penuhi seperti passport, visa, uang dll. Paling tidak ada empat syarat yang harus kita penuhi untuk masuk kedalam surga :

1.Iman Dan Amal Shaleh
   Iman dan amal shaleh seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisah-pisah satu dengan yang lainnya. Manakala seseorang telah beriman dan beramal shaleh yang sebanyak-banyaknya, maka jaminan dari Allah Swt baginya untuk bisa masuk kedalam surga.

"Orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya." (Qs. Al-Baqarah : 82)

2. TAKWA
    Secara harfiyah, takwa itu artinya memelihara diri. Orang yang bertakwa adalah orang yang memelihara dirinya dari hal-hal yang tidak dibenarkan oleh Allah Swt. Karena itu para ulama memberikan ta’rif atau pengertian takwa, yakni; melaksanakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-larangan-Nya baikdalam keadaan sunyi maupun dalam keadaan ramai.

Apabila sudah bertakwa dengan sebenar-benarnya, maka Allah Swt. menyediakan surga untuk tempat mereka sebagaimana terdapat dalam firman-Nya :

...dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (Qs. Ali Imran: 133)

3. BERJUANG DAN BERKORBAN
Islam adalah agama yang tidak hanya harus dilaksanakan secara pribadi, akan tetapi juga secara bersama-sama, baik dalam ruang lingkup keluarga maupun didalam masyarakat.Oleh karena itu, Islam harus disebarluaskan dan diperjuangkan penegakkannya dengan pengorbanan harta dan jiwa. Berjuang dan berkorban dijalan Allah menjadi persyaratan untuk bisa masuk ke dalam surga. Sebagaimana firman-NYa :

"Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (Qs. Ash-Shaff : 10)  

(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (Qs. Ash-Shaff : 11)  

niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (Qs. Ash-Shaff : 12)

4.TOBAT
Surga merupakan tempat yang suci dan hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang suci. Karena itu, janganlah seseorang mati dalam keadaan bergelimang dosa. Untuk itu, setiap manusia harus bertobat sebelum mencapai kematian. Taubat adalah kemabali kepada Allah, bila hal ini sudah kite laksanakan, niscaya Allah Swt. memberikan yiket kepada kita untuk bisa masuk kedalam surga-Nya. Allah berfirman :  

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai (Qs. At-Tahriim : 8)

PS: Jika andat suka atau merasa bahwa artikel ini bermanfaat, tolong di SHARE melalui tombol Social Media (Faacebook, Twitter, Google+, dan Pinterest) yang telah kami sediakan.
Tidak lupa, Sobat juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan seputar Materi Dakwah dibagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan untuk membaca setiap komentar dan menjawab pertanyaan yang masuk. 
Kedua hal tersebut, akan membantu saya  mengetahui topik apa yang bermanfaat dan berguna bagi anda sehingga saya bisa mencari lagi artikel yang berguna seputar Materi Dakwah lebih banyak lagi. Terima kasih :) 


1 komentar:

About | Contact | Disclaimer | Privacy Policy
Copyright © 2017 Materi Dakwah Pilihan